Sunday, February 26, 2017

Pengalaman Pembuatan AJB

Pernahkah anda alami atau dengar biaya pembuatan surat lebih mahal dibandingkan harga beli tanah ? kejadian ini dialami oleh keluarga sebelah.

Beli tanahnya di akhir Tahun 70-an, tapi baru urus-urus dibikin suratnya tahun 2014. belinya ngga sampai 500rb untuk luas 100m pada saat itu .  Sudah kebayang kan ^_^.  si pembeli hanya mendapat surat sepotong kalau telah terjadi pembelian. itu pun dibagi 2 sama sodaranya.

sepotong surat dan sepotong PBB atas nama penjual. Kejadian yang sudah-sudah, repot ketika tiba masanya bayar PBB, deal diawal akan patungan kalau tiba saatnya membayar PBB, realnya adalah ngga kompak. akhirnya nunggak banyak. 

Yang jual sudah almarhum, ahli waris masih ada 2 orang. sang ahli warispun kebetulan biasa mengurus surat AJB. biaya yang ditawarkan lumayan fantastis 10jt (60m), untuk yang sodara dikenakan 15jt (80m). kenapa totalnya ngga 100m ?

Dari hasil percakapan konsultasi dengan pak RW setempat, kalau jaman dulu hal tersebut bisa saja terjadi luas fisik dan angka di PBB berbeda.
Namun angka tersebut hanya untuk pengurusan AJB, belum balik nama PBB. ^o^.  Satu-satu dulu lah diurus, bayangan gw untuk pengurusan biaya balik nama PBB lumayan juga...banyak nunggaknya.
Semoga ada keringanan nanti untuk pengurusannya.

Saya berharap semoga hal seperti ini  tidak terulang ke anak atau turunannya, karena kasihan si anak harus mengeluarkan dana extra yang seharusnya kalau diurus di awal hal seperti ini tidak terjadi.

Disarankan walaupun sedikit repot dan keluar biaya diawal untuk pengurusan surat AJB,SPT PBB, setidaknya kedepannya tidak merepotkan anak-anak kita untuk pengurusan administratif tersebut.


No comments:

Post a Comment